Kelas VIII-2 (Pertemuan Ke 4) Tgl 15-8-2011

Posted: 14 Agustus 2011 in Materi TIK

Materi Ke-3

A. Antar muka microsoft word 2007

Jika di layar monitor sudah muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, berarti pengolah kata Microsoft Word 2007 siap digunakan. Antarmuka Word 2007 sederhana dan mudah dipahami. Bagian terbesar dari antarmuka tersebut adalah lembar kerja berwarna putih untuk mengetikan teks.

Antar muka pengolah kata Microsoft Word 2007

Pada lembar kerja Word 2007 terdapat kursor, yakni garis tegak (I) yang selalu berkedip. Kursor merupakan penunjuk lokasi pengetikan dan penyisipan teks. Kursor dapat dipindahkan ke posisi pengetikan diinginkan dengan cara menekan tombol panah (Panah)yang terdapat pada keyboard. Cara lain yang untuk memindahkan kursor adalah dengan menempatkan penunjuk mouse ke lokasi yang kita kehendaki, kemudian mengklik tombol mouse tersebut.

Keyboard

1. Office Button

Tombol Office button Panah yang terletak di sudut kiri atas jendela Word 2007 merupakan tombol yang menampung perintah-perintah utama pengelolaan dokumen. kita dapat membuat dokumen baru, mencetak dokumen, dan menyimpan dokumen melalui tombol ini. Perintah2 Penting dalam Office Button:

ofice button1. New : Membuat dokumen baru

2. Open : membuka dokumen yang tersimpan di harddisk, flashdisk, maupun media penyimpanan lainnya.

3. Save : Menyimpan dokumen

4. Save As : Menyimpan dokumen dengan nama lain, di media penyimpanan lai, atau menggunakan ekstensi file lain.

5. Print : Mencetak dokumen

6. Close : Menutup dokumen yang sedang aktif

7. Recent Documents : Menampilkan daftar dokumen-dokumen yang dibuka terakhir kali

8. Exit Word : Mengakhiri pengolah kata word/ keluar dari program Word 2007

2. Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar secara default terletak dibagian teratas jendela Word 2007, tepat di sebelah kanan Office Button. Toolbar ini berfungsi menampung ikon untuk perintah-perintah yang paling banyak digunakan pengguna Word 2007. Perintah-perintah dalam Quick Access Toolbar beserta fungsinya dapat dilihat dibawah ini:

1. Quick access -> New : Membuat document baru (langsung berupa blank document)

2. Quick access -> Open : Membuka document di My documents.

3. Quick access -> Save : Menyimpan document.

4. Quick access -> e-mail : Mengirim document melalui e-mail.

5. Quick access -> Quick Print : Mencetak document (langsung tanpa pengaturan)

6. Quick access-> Print Preview : Melihat tampilan document jika document tersebut dicetak.

7. Quick access -> Undo : Membatalkan perintah

8. Quick access -> Redo : Mengulang kembali perintah yang dibatalkan

3. Tab Menu dan Ribbon

Tab menu merupakan bagian utama antarmuka pengolah kata Word 2007. Tab menu berisi tujuh menu pokok yang untuk seluruh pekerjaan pembuatan dan penyuntingan dokumen di Word 2007. Masing-masing menu terdiri atas beberapa submenu, pilihan dan perintah yang ditampilkan pada Ribbon. Tab menu yang terdapat pada Word 2007 dan fungsinya sebagai berikut:

a. Home

Tab Menu Home berfungsi mengatur huruf (jenis,ukuran, warna,efek), paragraf (perataan, indentasi, jarak baris), dan Style dokumen. Tab menu ini juga bermanfaat untuk operasi Copy and Paste serta melakukan editng, misalnya mencari dan mengganti kata.

menu home

b. Insert

Tab Menu Insert berisi perintah-perintah untuk menyisipkan halaman, ilustrasi(gambar, clip art, shapes, SmartArt, chart), tabel, persamaan matematika, dan simbol. Tab menu ini juga berisi perintah untuk mengatur header dan footer dan menyisipkan keterangan di dalamnya.

menu insert

c. Page layout

Tab menu Page layout berfungsi untuk mengatur ukuran dan orientasi kertas, mengatur margin, memberi warna dan border pada halaman, serta mengatur indentasi dan jarak baris pada paragraf.

menu page layout

d. References

Melalui Tab menu References, kita dapat menambahkan catatan kaki atau catatan akhir, membuat daftar isi atau daftar gambar, memasukan indeks, dan menandai kutipan. Tab menu ini sangat bermanfaat untuk membuat dokumen ilmiah.

menu references

e. Mailings

Tab menu Mailings berisi perintah-perintah untuk melakukan pekerjaan surat-menyurat, misalnya tulisan untuk label dan amplop, menulis surat untuk benyak orang (mail merge).

menu mailings

f. Review

Tab menu Review berisi perintah-perintah penyuntingan bahasa, misalnya pemeriksaan ejaan dan tata bahasa (spelling dan grammar checker) dan perintah untuk menyisipkan komentar pada dokumen.

menu review

g. View

Tab menu View berfungsi untuk mengatur tampilan dokumen. Perintah-perintah dalam Tab menu ini antara lain menampilkan dokumen dalam format Print layout atau full screen, menampilkan Ruler dan batas pengetikan, memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen.

menu view

4. Status bar dan Tombol Pengatur lain

Status bar terletak di bagian bawah jendela Word 2007. Status Bar berguna untuk mencantumkan informasi statistik dokumen, misalnya jumlah halaman, nomor halaman yang sedang ditampilkan, serta bahasa yang digunakan sebagai acuan dalam dokumen.

Tampilan menu print

5. Komponen antar muka yang lain

selain komponen antar muka yang telah dibahas, masih ada beberapa komponen antarmuka pada Word 2007. Komponen-komponen tersebut tersebut antara lain sebagai berikut:

Tampilan menu save as

a. Title bar yang terletak di bagian paling atas jendela Word 2007. Title bar berfungsi menampilkan nama file dari dokumen yang sedang aktif.

Menu word 2007

b. Kontrol jendela yang terdiri atas tombol Minimize Tampilan menu print untuk menyembunyikan jendela Word 2007, tombol Maximize Tampilan menu save as untuk menampilkan kembali jendela Word 2007 sekaligus memperbesar dan memperkecil jendela Word 2007, serta tombol Close Tampilan menu save as untuk mengakhiri program Word 2007/ keluar dari program Word 2007

c. Tombol Help Tampilan menu save as yang berfungsi untuk membuka fasilitas bantuan Word 2007

d. Tombol View Ruler Tampilan menu save as yang berguna untuk menampilkan atau menyembunyikan Ruler (mistar).

e. Vertical Bcroll Bar di sebelah kanan document dan Horizontal Scroll Bar di bawah dokumen. Horizontal scroll bar berguna untuk menggeser lembar kerja ke kiri atau ke kanan agar teks yang tidak terlihat karena ukuran kertas terlalu lebar dapat terlihat. Vertical scroll bar berguna untuk menggulung lembar kerja ke atas atau ke bawah agar teks yang berada di halaman lain atau teks yang tersembunyi karena ukuran kertas terlalu panjang dapat terlihat.

f. Tombol-tombol browse di dekat tombol Zoom Level berguna untuk menjelajahi dokumen berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.

Tampilan menu save as

_______________________

PR TIK ONLINE 3

Untuk menjawab PR TIK ONLINE 3 Klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s